Tanggung
Jawab Sosial suatu Perusahaan
CSR Corporate
Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep
bahwa organisasi, khususnya (namun
bukan hanya) perusahaan adalah memiliki
suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam
segala aspek operasional perusahaan. Atau definisi lain tentang CSR
sebagai tanggung jawab moral suatu perusahaan terhadap para strategic stakeholdersnya,
terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasinya. CSR
memandang perusahaan sebagai agen moral. Dengan atau tanpa aturan hukum, sebuah
perusahaan harus menjunjung tinggi moralitas.
Dalam perkembangan
etika bisnis yang lebih mutakhir, muncul gagasan yang lebih konfrehensif
mengenai lingkup tanggung jawab sosial perusahaan ini. Paling kurang sampai
sekarang ada empat bidang yang dianggap dan diterima sebagai termasuk dalam apa
yang disebut sebagai tanggung jawab sosial perusahaan.
Pertama, keterlibatan perusahaan dalam
kegiatan-kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas. Sebagai
salah satu bentuk dan wujud tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan
diharapkan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan yang terutama dimaksudkan
untuk membantu memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Kedua,
perusahaan telah diuntungkan dengan mendapat hak untuk mengelola sumber daya
alam yang ada dalam masyarakat tersebut dengan mendapatkan keuntungan
bagi perusahaan tersebut
Ketiga,
dengan tanggung jawab sosial melalui berbagai kegiatan sosial, perusahaan
memperlihatkan komitmen moralnya untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan bisnis
tertentu yang dapat merugikan kepentingan masyarakat luas.
Keempat, dengan keterlibatan sosial, perusahaan
tersebut menjalin hubungan sosial yang lebih baik dengan masyarakat dan dengan
demikian perusahaan tersebut akan lebih diterima kehadirannya dalam masyarakat
tersebut.
Contoh Tanggung Jawab Sosial yang dilakukan Perusahaan
PT. XL Axiata Tbk
1.
Dalam bidang Ekonomi :
XL bersama PKPU ingin turut serta
membantu program pemerintah untuk meningkatkan keterampilan hidup (life skill)
sebagian pencari kerja dengan menyelenggarakan pelatihan Teknik Service
Handphone. Pelatihan yang diberikan meliputi unsur – unsur:
o
Kemampuan
teknis ketrampilan yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan ekonomi di daerah
yang bersangkutan, sehingga usaha yang dididrikan dapat bertahan dan berkembang
o
Peningkatan
kualitas diri sebagai individu yang berkepribadian kuat
o
Membangun
jiwa dan semangat entrepreneurship
o
Pengetahuan
manajemen usaha, karena suatu usaha mutlak harus diorganisir dengan baik. Tanpa
manajemen yang baik, usaha sulit berkembang.
2.
XL
telah menjalankan berbagai aktivitas kemasyarakatan diantaranya
o
Komputer
untuk sekolah Tahun 2010, program ini telah
membantu 60 sekolah dan 10 provinsi dan telah mengalokasikan sekitar 200 unit
komputer pada masing– masing sekolah yang mendapatkan donasi. XL juga
menyediakan koneksi internet pada lokasi sekolah yang berada dalam jangkauan
layanan internet XL.
o
Taman Pintar Yogyakarta
(TPY) di Yogyakarta memungkinkan pelajar dan masyarakat mengenal ilmu pengetahuan
dan teknologi.
o
Program
beasiswa tahunan yang di mulai dari tahun 2009
3. Internet Sehat
Sebagai
bagian dari komitmen XL untuk mendukung penuh pemerintah dalam upaya
meningkatkan perilaku penggunaan internet secara sehat dan positif, XL dan ICT
Watch meluncurkan Internet Sehat Blog award (ISBA).
o
XL dan
PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat), meluncurkan perpustakaan keliling XL di
Bandung.
4. Indoniesia Berprestasi Award
IB
Award merupakan program penganugrahan kepada warga negara Indonesia yang terus
berkarya dan memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat luas.
5. Aktivitas Penanggulangan Bencana dan Donasi
o
Pembangunan
sekolah yang dimulai sejak Februari 2010 adalah hasil kerjasama antara XL dan
Pundi Amal SCTV. Sebelumnya XL juga melakukan bantuan darurat dengan mendirikan
sekolah sementara di wilayah bencana.
o
Membantu korban
letusan gunung merapi dan tsunami mentawai
o
melakukan gerakan
pemulihan Kali Code yang mengalami pendangkalan akibat terjangan banjir lahar
dingin pasca letusan Merapi
6.
Seni dan Budaya
o
XL
meluncurkan “soempah Pemoeda 2.0: semangat persatuan di era digital”.
o
Untuk
memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia, XL meluncurkan “Kartini
Digital”.
o
XL
bekerjasama dengan detik.com menggelar program Aku cinta Indonesia (ACI) yang
diluncurkan pada 22 September 2010.
7.
Lingkungan
Pengelolaaan lingkungan hidup di Indonesia diatur dalam
undang-undang No 23 tahun 1997. Undang undang ini memperkenalkan konsep
Analisis Mengenai dampak Lingkungan (AMDAL) sebagai tanggapan untuk
memepercepat perubahan dalam lingkungan dan pembangunan secara berkelanjutan.
Sebagai tindak lanjut atas isu yang timbul mengenai perlindungan lingkungan dan
keberlangsungannya, pada 24 Maret 2010, XL memperkenalkan aplikasi baru pada
sekitar 12.00 Base Transceiver Station (BTS) yang ramah lingkungan dan hemat
energi. Beberapa inovasi yang diterapkan terkait dengan pembangunann Green BTS
yang dilakukan XL adalah sebagai berikut:
o
Penggunaan Charge
Discharge Battery (CDC)
o
BTS
dengan Intillegent Ventilation system (IVS)
o
Penerapan
Green BTS, yaitu BTS yang mampu menghemat energi listrik hingga 50%
o
Penerapan Non
CFC for Air Conditioning (AC)
Sumber
: Wikipedia.org
xl.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar