Jumat, 13 Mei 2011

Pemanasan Global

Iklim, kacau !
Iklim sekarang sudah tidak menentu, pemanasan global telah menghampiri kita. Menurut Laporan Badan Meteorologi Dunia (WMO) disebutkan bahwa suhu bumi pada 2006 meningkat 0,420C di atas rata-rata 1961-1990. Suhu di tahun itu merupakan suhu terpanas ke-6 dalam sejarah kehidupan di bumi.
Di tahun ini IPPC (Intergovernmental Panel on Climate Change) mengeluarkan laporan dari tiga kelompok kerja. Laporan tersebut secara tegas menyebutkan “tidak ada keraguan akan masalah perubahan iklim; memastikan bukti-bukti dari perubahan iklim dengan yakin; skala dan percepatan dari dampaknya terhadap kehidupan manusia dan ekosistem akan sangat tinggi; menghindari perubahan iklim ekstrim dapat dilakukan dengan bantuan teknologi dan ekonomi namun waktu untuk bertindak tidak banyak”
Penyumbang emisi karbon
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang, besar atau kecil pastinya tetap menyumbang emisi karbon bagi bumi ini. Beberapa bulan lalu Organisasi Pangan dan Pertanian melansir sebuah hasil riset yang menempatkan Indonesia sebagai perusak hutan tercepat di dunia. Laju kerusakan hutan kita, menurut data itu, adalah 2 persen atau 1,87 juta hektar per tahun. Dengan kata lain, 51 kilometer persegi hutan kita rusak setiap hari atau 300 kali lapangan sepak bola setiap jam!
Nah, dengan rusaknya hutan tropis Indonesia, baik akibat pembalakan liar maupun kebakaran hutan pastinya akan menambah jumlah karbondioksida (CO2) di udara. Bertambahnya konsentrasi CO2 ini jelas akan meningkatkan rata-rata suhu bumi. Masih menurut perhitungan para ahli, secara kasar, rata-rata suhu udara di dekat permukaan bumi meningkat sebesar 0,74 derajat Celcius selama satu abad terakhir.
Tidak hanya Indonesia dan negara berkembang lainnya yang menyumbang emisi karbon, Negara maju pun demikian. Emisi GRK terbesar justru dihasilkan oleh negara-negara kaya seperti Amerika Serikat (AS). Satu orang AS menghasilkan efek emisi sebanding dengan 17 orang Maladewa, 19 orang India, 30 orang Pakistan, 49 orang Sri Langka, 107 orang Bangladesh, 134 orang Bhutan dan 269 orang Nepal. (Firdaus Cahyadi, 2007)
Emil Salim memaparkan, antara tahun 1994 dan 2004 jumlah emisi karbon dioksida di negara maju, kecuali Jerman, Polandia, Rusia, naik 88 persen. Bisa kita ketahui semua negara, maju maupun berkembang sama-sama menjadi penyumbang emisi karbon, cuma berbeda dari sisi besar dan kecilnya saja.
Dampak Pemanasan global
Dengan menggunakan model dari IPCC, Indonesia akan mengalami kenaikan dari temperatur rata-rata dari 0,10 – 0,30C per dekade. Kenaikan suhu ini akan berdampak pada iklim yang memengaruhi manusia dan lingkungan sekitarnya, seperti kenaikan permukaan air laut dan kenaikan intensitas dan frekuensi dari hujan, badai tropis, serta kekeringan.
Para petani di Indonesia maupun di belahan bumi lainnya kini ramai mengeluhkan siklus musim yang mulai berubah. Hujan yang diharap-harap turun, malah berganti dengan kemarau berkepanjangan, demikian sebaliknya. Meningkatnya suhu bumi dipercaya berkontribusi besar pada kenaikan permukaan air laut. Mengapa? Pertama, naiknya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan mencairnya daratan es di Kutub Utara dan Selatan. Majalah Time (edisi 1 Oktober 2007) memperlihatkan, lapisan es di Kutub Utara menyusut lebih dari 20 persen dalam 25 tahun terakhir. Pencairan es ini akan terus berlangsung hingga tinggal sekitar 20 persen pada 2040. Saat itu Indonesia diestimasikan kehilangan lebih dari 2.000 pulaunya yang tenggelam. Kedua, suhu lautan yang meningkat akan memicu pemuaian massa air laut.
Menurut perhitungan, sejak 3.000 tahun lalu hingga awal abad ke-19, peningkatan permukaan air laut berjalan konstan sebesar 0,1-0,2 mm per tahun. Namun, sejak 1900, permukaan laut meningkat 1-2 mm per tahun. Perhitungan lebih akurat dihadirkan oleh satelit Poseidon milik AS pada 1993. Saat itu diketahui permukaan laut meningkat sebesar kurang lebih 3,1 mm per tahun.
Angka ini tak boleh dianggap enteng. Dengan laju peningkatan saat ini, maka permukaan air laut pada 2100 akan meningkat sebesar 280-340 mm dari level 1990. Ini artinya peta dunia harus digambar ulang. Sebagian Kepulauan Nusa Tenggara dan Maluku akan tenggelam. Di AS, semenanjung Florida dan Manhattan, yang amat terkenal dengan tumpukan pencakar langitnya, tenggelam. Sementara negara-negara kepulauan kecil seperti Maladewa, termasuk negara-negara kecil lainnya di Pasifik, tinggal sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar